Gepembri Klasis Kalbar dan Administrasi
Dalam rapat program kerja Gepembri Klasis Kalbar, Pdt. Kristison sebagai ketua kepengurusan periode 2019-2024, memaparkan tentang tata cara penulisan surat menyurat dikhususkan di kalangan Gepembri Klasis Kalbar, dalam pemaparannya, Pdt. Kristison menekankan klasifikasi penomoran surat-menyurat. Berhubungan dengan administrasi.
Pengertian administrasi yang penulis kutip dari wikipedia. Administrasi adalah "usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna."
Organisasi dan administrasi. Dalam organisasi, seseorang yang mengawaki administrasi disebut sebagai administrator, yang memegang peranan penting dalam menjalankan organisasi. Dalam bukunya berjudul Organisasi dan Manajemen, Prof. Dr. Mirrian Sofyan Arif menuliskan bahwa: "administrator sangat besar peranannya karena dialah yang bertanggungjawab atas seluruh pengarahan jalannya organisasi apakah dapat berhasil meningkatkan kemakmuran atau meningkatkan kesengsaraan." Dan selanjutnya, menuliskan bahwa: "tugas seorang administrator adalah melakukan administrasi, yaitu serangkaian kegiatan (aktivitas) penyelenggaraan atau pelayanan untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu, administrasi penting sekali peranannya."
Nah, dalam kelembagaan Gerejawi Gepembri Klasis Kalbar, adanya pelayanan yang harus dikerjakan, yaitu terutama pelayanan terhadap umat Tuhan yang harus digembalakan berada di bawah naungan Gepembri Klasis Kalbar dalam pelayanan kerjanya. Sebelum kita memahami suatu organisasi umum ataupun organisasi kerohanian dan manejemennya, maka yang perlu terlebih dahulu harus kita pahami adalah apa yang dimaksud dengan administrasi. Berarti sangat penting mengetahui administrasi dalam berorganisasi.
Sekilas pengertian administrasi. Kata administrasi berasal dari kata "ad" dan "ministro" (latin). Dalam bahasa inggris ad=to, ministro=minister, berarti "melayani atau menyelenggarakan." (dikutip dari buku Organisasi dan Manajemen, Prof. Dr. Mirrian Sofyan Arif) Jadi, definisi sederhana administrasi adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh seorang administrator secara teratur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan.
Jadi, jangan pernah menganggap remeh tentang administrasi secara sempit, karena berkembang atau hancurnya suatu organisasi adalah administrator yang handal atau tidaknya dalam mengadminitrasikan proses kegiatan dalam organisasi. Asyer.
Pengertian administrasi yang penulis kutip dari wikipedia. Administrasi adalah "usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna."
Organisasi dan administrasi. Dalam organisasi, seseorang yang mengawaki administrasi disebut sebagai administrator, yang memegang peranan penting dalam menjalankan organisasi. Dalam bukunya berjudul Organisasi dan Manajemen, Prof. Dr. Mirrian Sofyan Arif menuliskan bahwa: "administrator sangat besar peranannya karena dialah yang bertanggungjawab atas seluruh pengarahan jalannya organisasi apakah dapat berhasil meningkatkan kemakmuran atau meningkatkan kesengsaraan." Dan selanjutnya, menuliskan bahwa: "tugas seorang administrator adalah melakukan administrasi, yaitu serangkaian kegiatan (aktivitas) penyelenggaraan atau pelayanan untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu, administrasi penting sekali peranannya."
Nah, dalam kelembagaan Gerejawi Gepembri Klasis Kalbar, adanya pelayanan yang harus dikerjakan, yaitu terutama pelayanan terhadap umat Tuhan yang harus digembalakan berada di bawah naungan Gepembri Klasis Kalbar dalam pelayanan kerjanya. Sebelum kita memahami suatu organisasi umum ataupun organisasi kerohanian dan manejemennya, maka yang perlu terlebih dahulu harus kita pahami adalah apa yang dimaksud dengan administrasi. Berarti sangat penting mengetahui administrasi dalam berorganisasi.
Sekilas pengertian administrasi. Kata administrasi berasal dari kata "ad" dan "ministro" (latin). Dalam bahasa inggris ad=to, ministro=minister, berarti "melayani atau menyelenggarakan." (dikutip dari buku Organisasi dan Manajemen, Prof. Dr. Mirrian Sofyan Arif) Jadi, definisi sederhana administrasi adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh seorang administrator secara teratur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan.
Jadi, jangan pernah menganggap remeh tentang administrasi secara sempit, karena berkembang atau hancurnya suatu organisasi adalah administrator yang handal atau tidaknya dalam mengadminitrasikan proses kegiatan dalam organisasi. Asyer.
Komentar
Posting Komentar